Syarat Pendaftar Program Magister Semester Gasal TA 2021/2022
Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
1. | Scan asli ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Studi Magister Akuntansi; *) untuk S1 Non Akuntansi, wajib memiliki pengalaman kerja dibidang akuntansi minimal 2 tahun |
||||||||
2. |
Scan asli transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
|
||||||||
3. |
Scan sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
|
||||||||
4. | Scan asli sertifikat hasil tes potensi akademik dengan nilai minimal 500, sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:
|
5. | Scan asli sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai minimal setara TOEFL 475, sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:
Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini. |
||||||||||||
6. | Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif; | ||||||||||||
7. | Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) | ||||||||||||
8. | Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini); | ||||||||||||
9. | Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama); | ||||||||||||
10. | Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. (format dapat diunduh di sini) | ||||||||||||
Prosedur Pendaftaran Program Magister Akuntansi Semester Gasal TA 2021/2022
- Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
- Siapkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
- Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format (1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf (2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf (4) Sertifikat hasil tes potensi akademik, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan potensi akademik yang diakui adalah: *.pdf (5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah: - Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
- Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
- Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.
*.pdf (6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf (7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf (8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf (9) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf - Mengisik data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif. - Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun. - Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
- Mengirimkan fotokopi seluruh berkas*) yang telah diupload sebanyak masing-masing 1 lembar ke
Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.
Jl. Sosiohumaniora No.1 Bulaksumur Yogyakarta
*) Catatan
– Berkas Asli khusus untuk Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
– Ijazah dan transkrip nilai fotokopi legalisir