• Tentang UGM
  • Perpustakaan UGM
  • FEB UGM
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Magister Akuntansi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sekilas Maksi
    • Visi & Misi
    • Direksi
    • Struktur Organisasi
    • Staf Pengajar
    • Pegawai
    • Fasilitas Pendukung
    • Lokasi Kampus
  • Akademik
    • Kurikulum Studi
    • Etika Akademik
    • Ketentuan Ujian
    • Program Akademik
    • Seminar Riset Mahasiswa
  • Admisi
    • Kalender Admisi
    • Informasi pendaftaran
    • Biaya Pendidikan
    • Beasiswa
    • Program Double Degree
  • Perpustakaan
    • Tesis Digital MAKSI
    • Jurnal Online MAKSI
    • Jurnal Online Internasional
    • Katalog Buku
  • Alumni
  • Book Shop
    • Sektor Publik
    • Non Sektor Publik
  • SINTESIS
  • Beranda
  • Admisi
  • Informasi pendaftaran

Informasi pendaftaran

  • 22 Mei 2020, 06.23
  • Oleh: Admin Jr
  • 0

Syarat Pendaftar Program Magister Semester Gasal TA 2021/2022

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Scan asli ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Studi Magister Akuntansi;
2. Scan asli transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Scan sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMENRISTEKDIKTI sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
  4. Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.
4. Scan asli sertifikat hasil tes potensi akademik dengan nilai minimal 500, sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:

Jenis Keterangan
PAPs UGM
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
TPDA PLTI
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
5. Scan asli sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai minimal setara TOEFL 475, sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:

Jenis Keterangan
AcEPT UGM
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
TOEP PLTI
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
International English Testing System (IELTS)
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
Internet-Based (iBT) TOEFL
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen. (format dapat diunduh di sini)

 

Prosedur Pendaftaran Program Magister Akuntansi Semester Gasal TA 2021/2022

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Siapkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
  3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
    No Dokumen Format
    (1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
    (2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
    (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
    (4) Sertifikat hasil tes potensi akademik, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan potensi akademik yang diakui adalah:

    1. Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI), contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    2. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    3. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    *.pdf
    (5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah:

    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    2. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    3. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    4. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    5. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    *.pdf
    (6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
    (8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (9) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf

     

  4. Mengisik data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  5. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  6. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
  7. Mengirimkan fotokopi seluruh berkas*)  yang telah diupload sebanyak masing-masing 1 lembar ke
    Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.
    Jl. Sosiohumaniora No.1 Bulaksumur Yogyakarta

*) Catatan
– Berkas Asli khusus untuk Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
– Ijazah dan transkrip nilai fotokopi legalisir

Recent Posts

  • Tasyakuran Wisuda Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
  • Penjajakan Kerjasama Akademik Maksi FEB UGM dengan Ritsumeikan Asia Pacific University
  • TASYAKURAN 20 TAHUN MAGISTER AKUNTANSI FEB UGM
  • Pisah Sambut Wisudawan Okt 2021-Jan 2022 & Mahasiswa Baru Sem Genap TA 2021/2022 Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
  • Materi Pembekalan dan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Periode Semester Genap TA 2021/2022
Universitas Gadjah Mada

Magister Akuntansi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

+62274513109, +62274548510-15 ext. 107

SMS/WA 085 292 000 355

AKREDITASI OLEH

MEDIA SOSIAL

© Magister Akuntansi FEB Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju