Berita

Kunjungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat

IPDN

Dalam rangka memperkaya wawasan dan keahlian mengenai Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIKPD), para dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat melakukan studi banding sekaligus mengikuti kuliah singkat di Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Universitas Gadjah Mada (UGM). Studi banding yang diikuti oleh 20 orang dosen dari IPDN Kampus Sumatera Barat tersebut dilaksanakan pada 25 Agustus 2017. Selain melakukan studi banding, para peserta juga mengikuti kuliah singkat mengenai; Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIKPD), Penulisan Jurnal Internasional, serta Student Centered Learning.

Paparan mengenai Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIKPD), disampaikan oleh Pengelola Program Studi Maksi FEB UGM, Irwan Taufiq Ritonga, S.E., M.Bus., Ph.D. Dalam paparannya Irwan Taufiq Ritonga menyampaikan mengenai definisi E-Budgeting. E yang merupakan singkatan dari elektronik, menunjukkan proses otomatisasi dalam suatu proses aktivitas dengan meminimalkan proses key-in. Sehingga walaupun suatu proses aktivitas telah berbasis online, namun jika masih melibatkan proses key-in data secara signifikan, maka tidak dapat diklaim sebagai elektronik. Mengingat keterbatasan jaringan internet serta infrastruktur yang tersedia di lapangan, Irwan Taufiq Ritonga berpendapat bahwa sebaiknya E-Budgeting selain diimplementasikan secara online atau melalui internet, sebaiknya juga dapat diimplentasikan secara lokal atau intranet.

Paparan mengenai Penulisan Jurnal Internasional disampaikan oleh Eddy Junarsin, Ph.D, C.F.P. Beberapa permasalahan yang sering muncul pada penulisan jurnal internasional seperti; pengumpulan naskah pada beberapa jurnal sekaligus, naskah telah dibuat pada bahasa asal, plagiarisasi, topik keluar dari konteks keilmuan, tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh jurnal, review yang tidak sesuai, dan ketidak sesuaian respon penulis terhadap respon dari reviewer. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Eddy Jurnasin menyampaikan kepada para dosen IPDN Kampus Sumatera Barat untuk terlebih dahulu mengecek keaslian ide dari naskah yang akan ditulis. Selain itu Eddy Junarsin juga memberikan beberapa strategi untuk menulis jurnal internasional seperti; indentifikasi fenomena yang sedang marak di lingkungan sekitar, indentifikasi lingkup area, dan menggali ‘cerita’ di balik fenomena tersebut untuk kemudian menghubungkannya dengan literatur yang telah ada. Sebaiknya tujuan penulisan jurnal adalah untuk memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang sedang terjadi, sehingga penulis dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

Sesi kuliah terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Suwardjono, M.Sc., yang memaparkan topik Student Centered Learning. Dalam paparannya Suwardjono menyampaikan, dalam Student Centered Learning, ranah atau domain tujuan pembelajaran harus cukup kaya dan luas untuk menanamkan kearifan bagi para mahasiswa. Selain itu, pembelajaran seharusnya memberikan pengalaman kepada para siswa untuk membangun sendiri kearifan dan kedisiplinan pada diri mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *