Materi Pembekalan Orientasi Mahasiswa Baru Periode Agustus 2017 oleh Prof. Dr. Suwardjono, M.Sc.

Berikut adalah bahan yang harus dibaca peserta orientasi mahasiswa baru pada saat pembekalan hari Jumat, 11 Agustus 2017

MATERI PEMBEKALAN
Program Magister Akuntasi UGM

Peserta yang saya hormati,
Selamat datang dan selamat atas diterimanya anda sebagai mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Busines, UGM. Anda telah mengambil keputusan strategik yang tepat untuk belajar lebih lanjut di tingkat S2, lebih-lebih di MAKSI UGM ini.

Namun demikian anda harus sungguh-sungguh dalam belajar dan menyesuaikan diri dengan cepat dengan lingkungan belajar yang mungkin sangat berbeda dengan pengalaman belajar yang telah anda alami sebelumnya. Pembekalan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anda tentang apa harapan Program MAKSI terhadap kesungguhan dan kegigihan anda dalam menempuh program ini yang mungkin berbeda dengan harapan atau pengalaman anda belajar sebelumnya. Dengan pengenalan ini harapannya adalah tidak terjadi kesenjangan harapan sehingga proses belajar menjadi menantang, memampukan, dan sekaligus mengasyikkan bukan malahan menjadi beban, penderitaan, dan siksaan.

Agar acara pembekalan efektif, berikut ini saya sampaikan bahan-bahan persiapan yang sedapat-dapatnya harus dibaca sebelum acara pembekalan mengingat waktu pembekalan hanya singkat. Dengan demikian acara pembekalan dapat dicurahkan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang bagaimana anda telah belajar selama ini dan apa tanggapan anda terhadap harapan Program MAKSI mengenai perilaku belajar selama menjadi peserta program MAKSI.

Baca (bila perlu unduh dan cetak) bahan lepas (hand-out) berikut.
Saksikan video yang tautan (link)nya diberikan dalam bahan lepas tersebut.

Bila perlu kilas pula slide berkaitan di bawah ini (klik Read Only)..
http://suwardjono.staff.ugm.ac.id/images/stories/rupa-rupa/paradigma_pembelajaran_slide.ppt

Bila masih ada waktu, silakan membaca artikel berikut:
http://suwardjono.staff.ugm.ac.id/buku/gagasan-pengembangan-profesi-dan-pendidikan-akuntansi-di-indonesia/20-paradigma-belajar.html

Bila masih ada waktu luang lagi, saksikan rekaman video tentang metoda pemelajaran berikut ini (cukup menit ke 7:00 s.d. menit ke 40:00 syukur sampai selesai). Catatlah hal-hal yang mengusik atau menarik perhatian anda untuk bahan diskusi di sesi pembekalan.
https://www.youtube.com/watch?v=CoEPpFkPN34

Untuk menanamkan integritas yang tinggi mahasiswa dan lulusan, Program MAKSI UGM sangat serius dan keras dalam memerangi plagiarisma. Baca sumber berikut sebagai bahan diskusi pula (bila waktu memungkinkan). Bila waktu pembekalan tidak cukup untuk keperluan ini, bacalah dengan saksama pada waktu yang tepat bagi anda.
http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=327atau dapat juga baca ini
http://writingcenter.unc.edu/handouts/plagiarism/

Siapkan diri anda dengan bahan-bahan di atas dan buatlah catatan-catatan yang anda anggap penting untuk didiskusi dalam pembekalan. Sampaikan pengalaman, kritik, dan komentar atas hal-hal yang berkaitan dengan materi di atas dalam pembekalan.


Salam,
Prof. Dr. Suwardjono, M.Sc