News

(Bahasa Indonesia) Pembukaan Kembali Program Beasiswa STAR BPKP BATCH VI

BEASISWA STAR BPKP BATCH 6   INFO PENDAFTARAN BEASISWA STAR PROJECT II BPKP BATCH VI SEMESTER GENAP 2015/2016 PERIODE PERKULIAHAN FEBRUARI 2016 PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI FEB UGM

 

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kembali membuka penawaran beasiswa Star Project bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menempuh pendidikan S2 Program Magister Akuntansi FEB UGM (Akuntansi Keuangan Pemerintahan & Audit Sektor Publik) pada periode perkuliahan Februari 2016

 

Persyaratan bagi calon Penerima Beasiswa :

  1. Lebih diprioritaskan dari background S1 Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi
  2. Disetujui oleh atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
  3. Diajukan atau dicalonkan  oleh K/L Pemda.
  4. PNS yang bekerja sebagai PKN-APIP pada instansi pemerintah.
  5. Telah  diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), minimal 1 tahun.
  6. Umur < 42 tahun.
  7. Pangkat serendah- rendahnya Penata Muda (III/ a).
  8. Bersedia bekerja kembali sebagai APIP atau Pengelola Keuangan dengan menandatangani surat pernyataan
  9. Lulus seleksi administrasi dan akademis oleh Perguruan Tinggi
  10. Ditetapkan dan diumumkan sebagai peserta program beasiswa oleh BPKP

*)Info lengkap bisa cek di http://star.bpkp.go.id/konten/12/file-prosedur  

 

 

Persyaratan dari Universitas

  • Lulusan S1 Akuntansi dan Non-Akuntansi dari universitas yang telah terakreditasi BAN PT.
  • Lulusan S1 Non Akuntansi harus sudah pernah bekerja di bidang keuangan atau akuntansi minimal 2 tahun (ditunjukkan dengan surat keterangan dari instansi).
  • Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi C.
  • Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM,  Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikandengan sertifikat yang masih berlaku.
  • Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku, dibuktikan dengan sertifikat:
    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau
    • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI yang diakui DIKTI TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF.

Bagi calon yang belum mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL) dan TPA minimal 500, wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal TOEFL dan TPA sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.

 

Berkas-berkas kelengkapan yang harus dikumpulkan:

  1. Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
  2. Formulir BPKP beserta lampirannya
  3. Surat pernyataan bersedia bekerja kembali sebagai APIP atau Pengelola Keuangan dengan menandatangani
  4. Berkas kelengkapan MAKSI FEB UGM  (cek di http://maksi.feb.ugm.ac.id/admission/registration/)

*) Berkas dikumpulkan ke admisi MAKSI FEB UGM

 

Jadwal pendaftaran Program Beasiswa STAR BPKP Batch 6 Perkuliahan Februari 2016 bisa di cek di http://maksi.feb.ugm.ac.id/admission/calendar/ atau um.ugm.ac.id

Prosedur / tatacara pendaftaran MAKSI FEB UGM dilakukan secara online terlebih dahulu sebelum mengumpulkan berkas ke admisi MAKSI melalui laman um.ugm.ac.id Formulir Pendaftaran S2-11

Download the PDF file .

20 thoughts on “(Bahasa Indonesia) Pembukaan Kembali Program Beasiswa STAR BPKP BATCH VI

  1. permisi admin mau tanya..untuk persyaratn toefl harus dr institusi yg tertera di atas atau seadanya?laulu untuk rekomendasi dosen sama dengan rekomendasi eselon 2?tes tertulis diadakan berapa hari?terima kasih informasinya

    • Selamat siang,

      Persyaratan Toefl tidak harus dari institusi di atas, asal ITP Toefl yang diakui oleh lembaga IIEF.
      Untuk rekomendasi dosen bagi yang sudah bekerja digantikan dengan rekomendasi eselon 2 dua orang yang berbeda.
      Tes tertulis diadakan 1 hari.
      Terimakasih.

      Admisi MAKSI

      • terkait sertifikat toefl apabila dlm batas wkt pendaftaran blm diterima juga sertifikatnya (belum jadi) bagaimana? rekomendasi eselon 2 di format bpkp itu cuma 1 yaitu kepala dinas..

        • Selamat siang,

          Untuk mendaftar tetap harus mengupload sertifikat toefl, karna berkaitan dengan sistem kami tidak bisa memberikan solusi. Memang tetap harus ada sertifikat toefl untuk diupload. Untuk rekomendasi eselon 2 dari 2 atasan yang berbeda, formatnya sama tidak apa-apa.
          Terimakasih.

          Admisi MAKSI

  2. Apakah harus mempunyai sertifikat Toefl dan TPA terlebih dahulu?
    Kalau dari info diatas sepertinya bisa membuat surat pernyataan terlebih dahulu jika tidak punya sertifikat Toefl dan TPA. tapi di pendaftaran Online mewajibkan mengisi itu…

    Adakah keringanan bagi calon pendaftar yang bertempat tinggal di Daerah 3T, sangat sulit bagi kami disini mendapatkan sertifikat seperti itu. Terutama terkendala akses transportasi dan biaya.
    Terima kasih

    • Selamat pagi,
      Untuk mendaftar wajib mempunyai sertifikat TPA dan Toefl terlebih dahulu, sebab untuk periode Februari 2016 ini pendaftar wajib melakukan pendaftaran online jadi persyaratan harus sudah lengkap. Mohon maaf kami tidak bisa memberikan keringanan, ini merupakan prosedur dari universitas kami hanya menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan.
      Terimakasih.

      Admisi MAKSI

    • Untuk proses pendaftarannya sama dengan pendaftar baru reguler Maksi. Melakukan pendaftaran online, membayar biaya pendaftaran, mengumpulkan bukti online dan berkas persyaratan lainnya ke Admisi Maksi, kemudian mengikuti tes seleksi di Maksi.
      Untuk prosedur pendaftaran perkuliahan Agustus belum tau akan seperti apa, nanti bisa cek diweb um.ugm.ac.id jika sudah pembukaan pendaftaran, karena setiap periode pendaftaran bisa beda prosedurnya.
      Terimakasih.

      Admisi Maksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *