News

Informasi Pendaftaran Program Beasiswa STAR BPKP Batch 5 (September 2015)

INFO PENDAFTARAN BEASISWA STAR PROJECT II BPKP BATCH V

SEMESTER GASAL TA 2015/2016

PERIODE PERKULIAHAN AGUSTUS 2015

PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI FEB UGM

Jadwal pendaftaran Program Beasiswa STAR BPKP Batch 5 TA 2015/2016 Periode Perkuliahan September 2015 GELOMBANG KE-II bisa di cek di http://maksi.feb.ugm.ac.id/admission/calendar/ Persyaratan bagi calon Penerima Beasiswa :

  1. Lebih di prioritaskan dari background S1 Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi
  2. Disetujui oleh atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
  3. Diajukan atau dicalonkan  oleh K/L Pemda.
  4. PNS yang bekerja sebagai PKN-APIP pada instansi pemerintah.
  5. Telah  diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), minimal 1 tahun.
  6. Umur < 42 tahun.
  7. Pangkat serendah- rendahnya Penata Muda (III/ a).
  8. Bersedia bekerja kembali sebagai APIP atau Pengelola Keuangan dengan menandatangani surat pernyataan
  9. Lulus seleksi administrasi dan akademis oleh Perguruan Tinggi
  10. Ditetapkan dan diumumkan sebagai peserta program beasiswa oleh BPKP

Persyaratan dari Universitas Lulusan S1 Akuntansi dan Non-Akuntansi dari universitas yang telah terakreditasi BAN PT.

  • Lulusan S1 Non Akuntansi harus sudah pernah bekerja di bidang keuangan atau akuntansi minimal 2 tahun (ditunjukkan dengan surat keterangan dari instansi).
  • Mempunyai IPK S1 sebagai berikut: ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A; b. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B; c. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi C.
  • Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku, dibuktikan dengan sertifikat*: – Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau – IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau – TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau – TOEFL Computer-Based Test (CBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau – TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF. Bagi calon yang belum mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL) dan TPA minimal 500, wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal TOEFL dan TPA sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.
  • Berkas-berkas kelengkapan yang harus dikumpulkan:
  1. Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
  2. Formulir BPKP beserta lampirannya
  3. Berkas kelengkapan MAKSI FEB UGM  (cek di http://maksi.feb.ugm.ac.id/admission/registration/)
  • Biaya Pendaftaran Rp 750.000,-
  • Siapkan scan semua berkas/dokumen Persyaratan MAKSI (dalam format pdf kecuali foto dalam format .jpeg, ukuran maksimal 200kb) untuk diunggah pada saat mendaftar secara online

Semua berkas rangkap 2 dan dikumpulkan di Bagian Admisi Program Magister Akuntansi FEB UGM *) info Penyelenggaraan tes TPA http://maksi.feb.ugm.ac.id/event/tpa2014/

77 thoughts on “Informasi Pendaftaran Program Beasiswa STAR BPKP Batch 5 (September 2015)

    • Selamat siang,

      Terkait dengan pendaftaran Beasiswa STAR BPKP, prosedur dan persyaratan serta formulir sudah tertera di website. Informasi lengkap bisa menghubungi Bag. Admisi di 0274-513109.
      Terimakasih

  1. Sampai kapan batas akhir pendaftarannya?. Kalo yg belum memiliki tpa dan toefl apa bisa ikut daftar?. Apa daftarnya bisa via rekening mengingat kita jauh dari lokasi kampus. Terima kasih atas jawabannya.

    • Selamat siang,

      Pendaftaran untuk Program MAKSI periode September 2015 dimulai bulan april – 29 Juni 2015, jadwal lengkap bisa di cek di website maksi atau um.ugm.ac.id.
      Untuk TPA / PAPs bisa mengikuti tes di maksi maupun di Fakultas Psikologi UGM, untuk TOEFL bisa di PPB UGM. Informasi lebih lanjut bisa menghub. Bag. Admisi MAKSI . terimakasih

  2. Selamat siang,
    Saya PNS Gol II c tamatan S1 Ekonomi .. apakah bisa mengikuti program beasiswa ini ?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Selamat pagi,

      Untuk persyaratan calon mahasiswa STAR BPKP pangkat serendah- rendahnya Penata Muda (III/ a), jadi bapak belum bisa mengikuti program beasiswa ini.
      Terimakasih.

      ADMISI

  3. Saya PNS Gol III c tamatan D4 statistik, apakah bisa mengikuti program beasiswa ini? Dan saya belum memiliki sertifikat TPA, bisakah syarat ini menyusul, mengingat tempat tinggal saya di Sorong Papua Barat tidak ada instansi penyelenggara tes TPA?. Teima kasih banyak sebelumnya.

    • Selamat pagi,

      Ibu bisa mengikuti beasiswa STAR BPKP Batch 5. Sertifikat TPA diusahakan untuk mencari mengingat pembayaran pendaftaran paling lambat masih 29 Juni 2015, di MAKSI menyelenggarakan TPA BAPPENAS, TPA terdekat 13 Juni 2015.
      Terimakasih.

      -Admisi-

  4. kalau sertifikat toefl saya dari ETS tetap berlaku kan ya? sama untuk form pendaftaran TPA kenapa tidak bisa dibuka, sehingga tidak bisa di-download juga? apakah bisa dikirim ke e-mail saya? Terima kasih.

  5. Pada syarat di sebutkan, bagi calon pendaftar yang belum mempunyai sertifikat tpa, membuat surat pernyataan akan memenuhi sebelum seminar proposal, jadi apakah tetap wajib mempunyai sertifikat tpa sebelum mendaftar? Thx

    • Selamat siang

      Kalau bisa diusahkan untuk mencari sertifikat TPA, karena untuk pendaftaran online harus menyertakan sertifikat TPA. Dan paling lambat pendaftaran juga masih tanggal 29 Juni 2015, mbak.
      Terimakasih.

      -Admisi-

    • Selamat siang

      Rekomendasi dari 2 orang dosen S1 wajib. Tapi untuk pendaftar STAR BPKP Batch 5 digantikan dengan Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
      Terimakasih

      -Admisi-

    • Selamat siang

      Rekomendasi dari 2 orang dosen S1 wajib. Tapi untuk pendaftar STAR BPKP Batch 5 digantikan dengan Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
      Terimakasih

      -Admisi-

  6. u mendapatkan beasiswa ini lgs daftar ke kampus dgn persyaratan yang ada atau diproses oleh instansinya dulu sebelum daftar?

  7. saya bekerja sebagai APIP selama 6 tahun di Inspektorat Daerah, S1 saya dibidang pertanian. apakah boleh sebagai peserta program beasiswa S2 STAR BPKP tahun 2015

    • Selamat siang,

      Bapak bisa mendaftar program beasiswa STAR BPKP Batch 5 ini, mengenai persyaratan dan ketentuan pendaftaran bisa dicek diwebsite maksi atau menghubungi bag. Admisi MAKSI di 0274-513109.
      Terimakasih.

  8. Selamat pagi.
    Saya sudah mendaftar secara online. Saya lulusan S1 Non Akuntansi, yang ingin saya tanyakan sbb:
    1. Terkait dengan berkas-berkas yang harus dikirimkan selain berkas pendaftaran apakah berkas persyaratan STAR juga disertakan?
    2. Surat keterangan dari instansi terkait pernah bekerja minimal 2 tahun di bidang keuangan apakah harus disertakan juga?
    3. Apakah berkas-berkas tersebut dapat dikirimkan via Pos?

    • Selamat pagi,

      Maaf bapak belum bisa mengikuti program STAR BPKP Batch 5, karena persyaratan bagi lulusan S1 Non Akuntasi harus pernah bekerja di bidang keuangan.
      Terimakasih.

      Admisi MAKSI

  9. Selamat Sore,
    1. Apakah pendafataran untuk program beasiswa STAR juga dengan online?
    2. Apakah ada contoh format surat rekomendasi atasan setingkat eselon 2 atau sama seperti penilaian kelayakan akademik?
    terima kasih atas jawabannya.

    • Selamat pagi

      Pendaftaran untuk program STAR juga dengan online.
      Untuk format surat rekomendasi atasan setingkat eselon 2 tidak ada contohnya, formatnya tergantung dari instansinya masing-masing.
      Terimakasih.

      Admisi MAKSI

    • Selamat pagi,

      Mengenai kuota jumlah peserta yang akan diterima di program Star BPKP batch 5 ini tergantung keputusan dari pihak BPKP.
      Terimakasih.

      Admisi MAKSI

  10. Terkait dengan lulusan S1 Non Akuntansi harus sudah pernah bekerja di bidang keuangan minimal 2 tahun. Tugas saya di rumah sakit adalah mengelola penerimaan rumah sakit dari Jasa pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional, mulai dari proses verifikasi klaim sampai dengan pengajuan pembayaran ke pihak BPJS. Apakah itu termasuk bekerja di bidang keungan? Terimakasih atas jawabannya.

  11. Selamat Siang,
    Mohon informasi,
    1. Apakah diperkenankan jika legalisir ijazah dilakukan di kantor notaris. mengingat lokasi kampus yang jauh dengan tempat tinggal sekarang.( ijazah dan transkrip asli akan kami bawa saat peyampaian berkas)
    2. Untuk tes validasi kompetensi apakah berupa ujian tertulis ?
    terimakasih

    • Selamat pagi,

      Yang penting saat melakukan pendaftaran online yang diupload asli/legalisir. Untuk berkas yang dikumpulkan legalisir dan kopian.
      Untuk tes validasi kompetensi berupa ujian tertulis.
      Terimakasih.

      Admisi

      • Hingga saat ini saya belum memiliki sertifikat TPA/PAPs serta TOEFL bisa daftar dulu atau harus memiliki sertifikat dulu?

        • Selamat pagi,

          Mengenai persyaratan pendaftaran sertifikat TPA/PAPS dan Toefl kalau belum punya bisa mendaftar, tapi belum bisa melakukan pendaftaran online. Jadi nanti masuk kelas matrikulasi.
          Terimakasih.

          Admisi

          • 1. Hingga saat ini saya belum memiliki sertifikat TPA/PAPs serta TOEFL bisa daftar dulu atau harus memiliki sertifikat dulu?
            2. Bagaimana caranya ikut kelas martikulasi agar bisa memperoleh sertifikat TPA/PAPS dan Toefl..

          • Selamat pagi,

            Karna penutupan pendaftaran sampai tanggal 5 Januari 2016, maka diusahakan untuk mencari sertifikat TPA/PAPs dan Toaefl terlebih dahulu.
            Jika hingga penutupan pendaftaran belum memiliki sertifikat tersebut, bisa tetap mendaftar secara offline.
            Untuk memperoleh sertifikat saat di kelas matrikulasi bisa disela-sela waktu saat tidak kuliah.
            TPA bisa daftar di MAKSI atau Psikologi, untuk toefl bisa di Pusat Pelatihan Bahasa UGM.
            Terimakasih.

            Admisi

          • Selamat sore,

            Maaf untuk klarifikasi saja, kalau untuk pendaftar MAKSI harus sudah memiliki sertifikat TPA/PAPs dan Toefl/Acept, karna untuk daftar online persyaratan harus sudah lengkap.
            Terimakasih.

            ADMISI

  12. Mohon bantuan dari admisi FEB UGM, saya sudah berkali2 mencoba meng upload dokumen di pendaftaran online, tapi selalu gagal dan muncul comment “Dokumen Surat keterangan sehat dari dokter yang diunggah harus dalam format yang sesuai. ” Padahal dokumen yang saya unggah sudah dalam bentuk pdf dan ukuran dibawah 200kb, saya sudah mencoba menghubungi direktorat akademik dari kemaren tetapi sampai pagi ini selalu tidak diangkat, mohon bantuannya Bapak/Ibu admisi FEB UGM, terimakasih

    • Selamat pagi,

      Apakah sudah bisa melakukan pendaftaran online ?
      Untuk lebih jelasnya langsung saja menghubungi Admisi MAKSI UGM di 0274-513109.
      Terimakasih

  13. Salam, saya PNS bekerja sbagai penyusun laporan keuangan selama +- 4 th di Instansi Pemerintah, lulus S1 akuntansi di UGM th 2010 yg lalu, saya baru saja membaca web starbpkp. Apakah untuk sertifikat TPA/PAPS dan Toefl bisa menyusul mengingat tinggal 12 hari lagi, dan apabila masuk kelas matrikulasi dibutuhkan waktu berapa lama dan apa saja materinya? Terima kasih atas informasinya

    • Selamat pagi,

      Untuk sertifikat TPA/PAPS dan Toefl bisa menyusul, tapi belum bisa melakukan pendaftaran online. Jadi nanti mengumpulkan berkas persyaratan yang sudah ada ke MAKSI dibuat 2 rangkap. Di kelas matrikulasi selama 1 semester.
      Terimakasih.

  14. Urun tanya, untuk 2 point/berkas2 dibawah ini dikirimkan ke UGM dalam bentuk master file-nya/asli cap basah atau cukup fotokopian?
    1. Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja.
    2. Formulir BPKP beserta lampirannya

    Terima kasih.

    • Selamat pagi,

      Untuk Surat Rekomendasi atasan langsung setingkat Eselon 2 di instansi K/L/Pemda dimana peserta bekerja filenya asli dikumpulkan ke MAKSI berikut kopiannya jadi ada 2 rangkap.
      Formulir BPKP beserta lampirannya juga dikumpulkan ke MAKSI.
      Terimakasih.

      Admisi

  15. maaf pak mau tanya prosedur pembayaran pendaftaran utk program STAR ini gmn y? pada informasi pengumuman tertulis “Biaya pendaftaran sebesar Rp 750.000,00 (prosedur cek di http://um.ugm.ac.id/2014)” tp link nya sudah ga bisa lg.. terimakasih..

  16. Permisi admin,mau nanya,terkait jadwal test validasi kompetensi&test wawancara,apakah jadwal fixnya sudah ada?krn di pengumuman msh antara tgl 6-10 juli 2015.
    Terimakasih

  17. Ada beberapa pertanyaan yaitu :
    1. Lulusan S1 Non Akuntansi harus sudah pernah bekerja di bidang keuangan atau akuntansi minimal 2 tahun (ditunjukkan dengan surat keterangan dari instansi). Apakah ini sama dengan SK kenaikan pangkat terakhir? Karena tertera masa kerja di instansi.
    2. Untuk yang dikirim ke Admisi. Apakah lampiran formulir BPKP juga di buat 2 rangkap? Hal ini terkait dengan keterbatasan jumlah copy ijasah dan transkrip terlegalisir yang perlu dikirim. Jika dijumlahkan, untuk persyaratan universitas dan lampiran formulir BPKP memerlukan 4 copy terlegalisir.
    Terima kasih

    • Selamat pagi,

      Mengenai surat keterangan dari instansi bisa dengan SK kenaikan pangkat terakhir.
      Untuk berkas yang dikirim ke Admis,lampiran formulir BPKP hanya dibuat satu rangkap.
      Terimakasih.

      Admisi

  18. Numpang nanya mas/mba admisi :
    1. Di atas disebutkan ijin yang diperlukan dari Eselon II, sementara di dashboard peserta pada situs STAR disebutkan rekomendasi dari Biro Kepegawaian K/L. Apakah ijin yang dimaksud menggantikan rekomendasi dari Biro Kepegawaian K/L atau persyaratan dari Universitas berbeda dengan persyaratan dari STAR?
    2. Apa saja materi yang diujikan pada tes validasi kompetensi?
    3. Apakah hasil tes TOEFL langsung keluar? Saya sudah pernah tes tapi sudah mati bulan Juni :)
    Terima kasih

    • Selamat siang,

      Untuk pendaftar STAR BPKP ijin yang dipersyaratkan adalah surat ijin belajar. Sementara rekomendasi dari atasan Eselon II sebagai penganti Rekomendasi dari dua orang dosen S1.
      Dalam TVK yang diujikan mengenai akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan manajemen, auditing dan sistem informasi akuntansi.
      Untuk tes toefl di MAKSI tidak menyelenggarakan, di PPB UGM atau acept di Psikologi UGM.
      Terimakasih

  19. Saya S1 Ekonomi manajemen, kerja di pemda, dapatkah sy mengikuti program ini?
    Mohon informasi tentang deadline upload persyaratan, krn nilai paps saya baru diperoleh kemarin,masih adakah waktu utk mendaftar?
    Untuk kontak informasi via telepon setelah libur lebaran dapat dilayani mulai tanggal berapakah?terimakasih.

    • Selamat pagi,

      Lulusan S1 ekonomi manajemen bisa mengikuti program beasiswa ini asalkan dapat rekomendasi dari atasan. Untuk pendaftaran online paling lambat 5 Agustus 2015. Kami sudah masuk mulai hari Rabu kemarin.
      Terimakasih.

  20. saya PNS golongan III/b mnjabat sebagai Kasubag keuangan dan aset namun disiplin ilmu sy S1 Kehutanan Jurusan Manajemen Hutan,apakah sy bisa mengikuti program beasiswa S2 ini? karena dlm persyaratan diutamakan S1 untuk ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *